Oleh: Denpasar PMII | November 13, 2010

Korupsi ISI

Somasi Tuntut DPRD Bali Tegas Kawal Kasus Korupsi Di ISI Denpasar

29. Jul, 2010 Posted under News

BSB/ Solidaritas Mahasiswa Anti Korupsi 

Denpasar-BSB. Puluhan organisasi mahasiswa ekstra maupun intra kampus yang tergabung dalam Solidaritas Mahasiswa Bali Anti Korupsi (SOMASI) kembali datangi  DPRD Bali, Rabu, (28/7) kemarin.  Aksi SOMASI imerupakan tindak lanjut dari aksi hearing sebelumnya pada tanggal 14 Juli 2010. Puluhan organisasi di antaranya SEMA ISI Denpasar, RevolISI, BEM Udayana, HMPE. FH Udayana, PMKRI, GMKI, GMNI, Frontier Bali, FMN, LMND, PMII berkumpul di loby Gedung DPRD Bali sambil berorasi.

Aksi yang dikoordinir oleh Ambrosius Ardin yang juga ketua presidium PMKRI cabang Denpasar ini  kemudian diterima oleh Ketua Komisi I DPRD Bali I Made Arjaya di ruang sidang DPRD Bali. Dalam kesempatan itu beberapa ketua elemen organisasi yang tergabung dalam SOMASI memberikan pernyataan sikap mereka masing-masing meminta DPRD Bali agar segera memenuhi janjinya untuk mengundang pihak Kejari Denpasar agar bisa hearing terkait dengan porses kasus korupsi di ISI Denpasar yang melibatkan Prof. Dr. I Wayan Rai S, MA.

Ketua Himpunan Mahasiswa Program Ekstensi Fakultas Hukum (HMPE. FH) Udayana Oka Pratiwi mengatakan, bahwa kedatangan SOMASI murni gerakan moral untuk mendorong pemberantasan korupsi di lembaga pendidikan, dan bukan bermaksud untuk mempolitisasi kasus korupsi yang melibatkan Rektor di ISI Denpasar. Sedangkan Ketua PMII Denpasar Rosidah, mempertanyakan ketegasan sikap DPRD Bali dan menuntut agar segera memanggil Kejari Denpasar.  “Legislatif mempunyai fungsi kontrol dalam setiap penegakan kasus hukum di Bali, kami menutut DPRD menggunakan fungsiu terebut,” tuntut Rosiada.

Menanggapi beberapa pernyataan sikap yang dilontarkan oleh beberapa organisasi peserta aksi, Ketua Komisi I DPRD Bali I Made Arjaya menyatakan bahwa kasus ini telah disampaikan secara formal ke Dikti, “bila kita dengar pemerintah telah berkomitmen untuk memberantas korupsi di negeri ini  dan menganggap kasus korupsi adalah merupakan kejahatan luar biasa tentunya tidak ada penangguhan penahanan dalam proses hukumnya”. Tandas Arjaya.

Ketua Komisi I DPRD Bali ini juga berulang-ulang meminta kepada wartawan agar menulis pernyataannya, “kita memang tidak bisa menginterfensi penegakan hukum yang bergulir di Kejari namun kita mempunyai wewenang utuk melakukan kontroling, apabila tersangka harus ditahan ya ditahan secepatya, kalaupun tidak, berarti ada apa? itu perlu kita pertanyakan”  kata politisi dan juga mantan aktivis kelahiran sanur ini.

Aktivis ISI Denpasar Rarih Mega Mora menyatakan bahwa mahasiswa siap mengawal DPRD Bali untuk memanggil Kejari agar ada transparansi dan  proses hukumnya jelas serta maslah ini jangan sampai berlarut-larut.

Selain itu humas aksi yang juga kordinator SOMASI, I Ketut Ngurah Aryawan menegaskan bahwa aksi ini sebagai bentuk tanggung jawab moral dan tuntutan tri darma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat untuk bersama sama membangun moral masyarakat agar sadar dengan bahaya korupsi yang selalu megancam bangsa ini.

“Gerakan ini tidak hanya berhenti sampai disini namun juga akan berlanjut ke Kejari Denpasar, Ya kita tunggu saja “ terang Ngurah Aryawan. Disinggung masalah statement AMUNISI terkait adanya pencatutan lembaga dalam gerakan SOMASI itu tidak benar karena semua proses yang kita lakukan adalah bentuk solidaritas mahasiswa dan yang bergabung adalah mewakili lembaga masing-masing. Tandas Ngurah sambil menunjukkan bukti klarifikasi bertanggal 19 Juli 2010  tentang klarifikasi pemberitaan. Aksi Somasi ini kemudian ditutup dengan perfomance art dari mahasiswa ISI Denpasar. SA

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: